Hosting & Domain Murah

Bantu Klik Gan

Wednesday, February 29, 2012

Apa Kelebihan Hosting Berbayar

Apasih kelebihan hosting berbayar? Adakah lebih baik dari hosting gratis? Kalau bisa yang gratis ngapain yang berbayar? Semua pertanyaan ini mungkin pernah terlintas dibenak anda. Setiap pilihan ada plus dan minusnya. Namun pada artikel ini saya hanya akan menulis tentang nilai plus tadi. Adakah kelebihan hosting berbayar daripada hosting gratis, mari kita lihat.
Di bawah ini saya sharing pengalaman saya selama 2 tahun menggunakan domain dan hosting berbayar. Pengalaman ini pastilah tidak lengkap dan pasti banyak orang lain yang punya pengalaman yang berbeda. Apa kelebihannya;

  1. Cukup mudah dan lebih banyak pilihan terhadap jenis web yang anda inginkan. Anda bisa saja memilih mamboo, joomla, wordpress, drupal dll dan ini tidak akan anda dapatkan pada hosting gratis.
  2. Hosting berbayar memiliki layanan service yang online(tergantung pilihan hosting) yang selalu membantu anda, sebagai contoh pengalaman saya di idwebhost. Begitu ada masalah langsung bisa disupport lewat YM. Yang host gratisan pun juga ada tapi tidak bisa diandalkan setiap waktu.
  3. Dengan hosting berbayar kita bisa melakukan backup berkala maupun secara otomatis terhadap data-data blog,hal ini untuk mencegah agar kita tidak kehilangan data penting. Yang dibackup tergantung pilihan bisa database saja atau sekalian dengan file dan setingan blog. Yang gratisan juga ada tapi tidak semudah yang berbayar.
  4. Jika Anda menggunakan hosting gratis untuk mengupload gambar dll, ada kemungkinan file tersebut hilang atau broken link(tidak ada jaminan) sedangkan pada hosting berbayar Anda tidak akan ditinggal kabur hosting anda.
  5. Pada hosting berbayar ada fasilitas autoresponder, ini sangat penting untuk saya yang mempunyai bisnis penjualan sedangkan pada hosting digratisan tidak ada.
  6. Pada hosting berbayar kita bisa memilih server (tentu kita menginginkan server yang tangguh) misalnya server USA, Indonesia, Singapura dll. Sedangkan pada hosting berbayar kita hanya menerima saja.
  7. Karena hosting berbayar kita yang memilih maka sangat besar kemungkinan bahwa blog akan lebih kencang loadingnya daripada yang gratisan.
  8. Security. Dari segi keamanan yang jelas anda punya peluang untuk membuat blog anda jauh lebih aman pada hosting berbayar. Iitu disebabkan karena adanya setting yang bisa anda lakukan pada control panel hosting maupun pada plugin security untuk pengguna WP.
  9. Jika menggunakan hosting berbayar kita bisa mendapatkan sub domain dan penggunaan email dengan domain utama blog sendiri, mis email; info@agussale.com kan lebih bergengsi xixixi. Setahu saya ini belum disediakan oleh hosting gratis.

Demikian pengalaman singkat saya, jika ada kesalahan atau ada pengalaman lain silahkan tulis dalam komen dibawah ini.

http://cheaphost.web.id/images/webhosting.jpg

2 comments:

gan numpang nanya berarti kita harus buat website atau blog dulu donk klo gitu...???

Hosting gratis memungkinkan kita membuat website tanpa keluar biaya sedangkan hosting berbayar, sesuai dengan namanya, berlaku sebaliknya... fasilitas hosting berbayar

Post a Comment

Bantu Klik Donk GAN

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More