Hosting & Domain Murah

Bantu Klik Gan

Wednesday, September 1, 2010

SBY Pilih Jaksa Agung & Kapolri yang Bisa Benahi Penegakan Hukum


Kapolri dan Jaksa Agung akan segera diganti. Presiden SBY sudah mengumumkan rencana penggantian tersebut. Bagaimana kriteria calon Kapolri dan Jaksa Agung pilihan SBY? SBY akan memilih tokoh yang bisa mempercepat reformasi penegakkan hukum dan berintegritas.

"Presiden akan akan mengangkat orang yang tepat, berkapasitas mumpuni, berintegritas tinggi, dan dapat menjalankan tugas percepatan pembenahan penegakan hukum," kata staf khusus presiden bidang hukum, Denny Indrayana, saat dihubungi detikcom, Rabu (1/9/2010).

Denny menjelaskan Presiden merencanakan konsolidasi dan percepatan reformasi penegakan hukum, termasuk dengan mengganti Kapolri dan Jaksa Agung. "Proses penggantian akan dilaksanakan sesuai dengan aturan perundangan," imbuhnya.

Proses pengangkatan dan pemberhentian Kapolri dan Jaksa Agung ini, momennya bersamaan dengan pensiunnya Panglima TNI awal September. "Secara umum,
pengangkatan dan pemberhentian Panglima TNI dan Kapolri memerlukan persetujuan DPR, yang diberikan dalam rentang 20 hari kerja sejak surat Presiden sampai di DPR," imbuhnya.

Sedangkan Jaksa Agung, pengangkatan dan pemberhentiannya, diatur menurut UU Kejaksaan. "Yang merupakan hak Presiden, yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Denny.

0 comments:

Post a Comment

Bantu Klik Donk GAN

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More